Masalah pada Motor Yamaha Vixion dan Cara Mengatasinya
Sabtu, 24 Desember 2016
Masalah pada Motor Yamaha Vixion dan Cara Mengatasinya - Yamaha vixion merupakan salah satu motor sport yang banyak diminati oleh penduduk Indonesia. Dan juga sebagai leader di kelas motor sport,ini mencerminkan motor ini banyak bersliweran di jalan. Oke, sebagai benda buatan manusia motor ini juga tidak sempurna alias ada masalah(bukan banyak masalah). Berdasarkan apa yang saya baca dan saya rasakan ada beberapa problem yang lumayan mengganggu. Antara lain:
1. Untuk masalah yang pertama yaitu pompa bensin macet, karat, dan bocor; bila hal ini terjadi gejala yang dirasakan adalah motor sering mogok, karena ini aliran bensin yang kurang lancar ke ruang bakar. Nah yang bertugas menyuplai bensin keruang bakar ada piranti yang disebut pompa bensin, yang letaknya di dalam tangki motor. Biasanya piranti ini yang bermasalah, penyebabnya antara lain karena kelamaan berjemur di bawah terik matahari, tangki sering kosong dan memakai obat penambah oktan yang berbentuk padat dan susah hancur sehingga ada partikel yang masuk ke saluran pompa bensin dan membut pompa bensin mampet. Saluran tersebut sangat kecil ukurannya dan bersifat sensitif apalagi jika terkena panas dan tersumbat kotoran. Bila tangki sering kosong juga dapat mengakibatkan hal tersebut, logikanya seperti ini, tangki kosong berarti dinding tangki juga mongering dan jadi kerak, pada saat mengisi bensin kembali kotoran akan turun dan masuk ke saluran pompa bensin. Nah mulai sekarang dibiasakan untuk jangan terlalu sering membiarkan tangki bensin kosong.
2. Untuk masalah yang kedua yaitu mesin brebet hal ini terjadi bisa karena pemakaian knalpot yang tidak pas, kemudian bisa juga disebabkan oleh busi yang hampir mati, ataupun busi yang tidak cocok dengan vixion. Biasanya tertukar dengan businya Jupiter MX(pengalaman pribadi).
3. Masalah yang terakhir adalah susah oper gigi terutama saat dinetralkan. Yang harus dicek adalah posisi tuas penekan kopling dan dan tempatnya di tutup mesin sejajar atau tidak. Bila tidak maka kopling tidak bekerja secara sempurna. Akibatnya jelas ngoper gigi akan terasa keras dan susah. Yang bisa dilakukan adalah tuas penekan kopling dan tempat kopling di bak mesin dibikin sejajar, caranya adalah penyetelan di pangkal selang kabel kopling, dan bila masih terasa keras dilakukan juga pengecekan pada batang tuas penekan kopling. Dan harus diganti. Salah satu masalah dengan vixion sudah dibahas kemungkinan masih ada yang lain. Semoga artikel ini bisa membantu.
- Pompa Bensin macet, karat dan bocor
- Mesin brebet/ndut2an
- Susah oper gigi khususnya saat dinetralkan
1. Untuk masalah yang pertama yaitu pompa bensin macet, karat, dan bocor; bila hal ini terjadi gejala yang dirasakan adalah motor sering mogok, karena ini aliran bensin yang kurang lancar ke ruang bakar. Nah yang bertugas menyuplai bensin keruang bakar ada piranti yang disebut pompa bensin, yang letaknya di dalam tangki motor. Biasanya piranti ini yang bermasalah, penyebabnya antara lain karena kelamaan berjemur di bawah terik matahari, tangki sering kosong dan memakai obat penambah oktan yang berbentuk padat dan susah hancur sehingga ada partikel yang masuk ke saluran pompa bensin dan membut pompa bensin mampet. Saluran tersebut sangat kecil ukurannya dan bersifat sensitif apalagi jika terkena panas dan tersumbat kotoran. Bila tangki sering kosong juga dapat mengakibatkan hal tersebut, logikanya seperti ini, tangki kosong berarti dinding tangki juga mongering dan jadi kerak, pada saat mengisi bensin kembali kotoran akan turun dan masuk ke saluran pompa bensin. Nah mulai sekarang dibiasakan untuk jangan terlalu sering membiarkan tangki bensin kosong.
2. Untuk masalah yang kedua yaitu mesin brebet hal ini terjadi bisa karena pemakaian knalpot yang tidak pas, kemudian bisa juga disebabkan oleh busi yang hampir mati, ataupun busi yang tidak cocok dengan vixion. Biasanya tertukar dengan businya Jupiter MX(pengalaman pribadi).
3. Masalah yang terakhir adalah susah oper gigi terutama saat dinetralkan. Yang harus dicek adalah posisi tuas penekan kopling dan dan tempatnya di tutup mesin sejajar atau tidak. Bila tidak maka kopling tidak bekerja secara sempurna. Akibatnya jelas ngoper gigi akan terasa keras dan susah. Yang bisa dilakukan adalah tuas penekan kopling dan tempat kopling di bak mesin dibikin sejajar, caranya adalah penyetelan di pangkal selang kabel kopling, dan bila masih terasa keras dilakukan juga pengecekan pada batang tuas penekan kopling. Dan harus diganti. Salah satu masalah dengan vixion sudah dibahas kemungkinan masih ada yang lain. Semoga artikel ini bisa membantu.
image source: |
baca juga: Cara Membaca Soket CDI pada Semua Jenis Motor
Pertanyaan-pertanyaan lain yang sering ditanyakan rider yamaha vixion:
Tanya: nduttannya si-vixi gue ga nguatin gan..!!
Jawab: kenapa gan? coba cek satu..paling gpang biasanya businya udah mati or salah busi pake punya jupiter MX.
Tanya: bagaimana cara mengatasi indikator kondisi mesin bermasalah, berkedip saat mesin hidup
Jawab: sebenarnya untuk indikator mesin yang berkedip itu mempunyai arti masing-masing dan menandakan ada kerusakan pada sistem injeksi.lebih baik segera ke bengkel resmi untuk mengecek arti kedipan pada motor mas..karena biasanya pada bengkel resmi sudah ada alat khusus untuk mendeteksi kerusakan pada sistem injeksi. CMIIW
Tanya: Vixion q pantum bensin gak naik. Ktka q bka pompa bensin yang berada d dl tngki tersebut dn langsung q sbungkan pompa tersebut dengan soket pantum bensin dan q naik.kan pelpung tsb . Pantum bensin ikut naik. Dn ketka q rend pompa tersebut d dal bensin pelpung menganmbang. Tpi Ќεήªp∂ d saat q pasang kembali pompa itu ke dal tengki dan q pasang soket itu kemudian q hidupkan sepeda.q Ќεήªp∂ pantum itu tdk naik. Tolong d bantu Iyαααº°˚ª˚°ºα•
Jawab: wah berani juga ya bro ngelepas pompa bensin sendiri, soalnya di mekanisme fuel pump agak sensitif dengan kelistrikan. saran saya sih lebih baik ke bengkel resminya aja bro.. motor injeksi memang agak nahan diri untuk ngoprek sendiri..)
Tanya: kenapa ea mtr ku pdhal ru bulan.. tp dah brmasalah kipas mutar terus dan lampu indikator nyala trus. ky over healting. padahal spda mtr dingin tidak d idupin..
Jawab: hmnn..motor sobat dipasang aksesori yang berkaitan dengan kelistrikan tidak? contoh alarm, klakson dll. kayaknya ada konsleting pada kelistrikan motor agan.coba cek kabel kelistrikan, mungkin ada yang salah pasang or kebuka kabelnya.
Tanya: bro tau tidak na part seal shockbreaker dpn vixion. K … Brp gtu. Pny saya bocor
Jawab: BP–F– ini bro satu set seal oli shockbreker.. kalau mau cek silahkan download di http//www.yaha-motor.co.id/download/parts-catalogue/
Tanya: bro, mau nanya… Vixion saya tahun … Yang herannya tahun perta saya cuman broti busi bulan sekali tapi akhir ni motor saya sering merepet, masalahnya busi… Kalau udah broti busisih kembali normal cuman sbulan siap itu balik lagi penyakitnya… Gimane tu bro ?? Makasih sbelumnya..
Jawab: coba cek businya bro.. pake busi standar vixion yang kodenya CRE tidak? biasanya ada mekanik yang suka broti busi pake punyanya jupiter MX..
Tanya: brow vixion q busi sering matii,, penyebab nya apaa tuu. and solusi nya skalian ya broo
Jawab: Perta cek kode businya…standar vixion tidak. kalau udah dan kode businya sesuai…cek warnA ujung businya..pembakranya sempurna tidak? pembakaran sempurna ditandai dgn warna merah bata or kecoklatan. kalau putih atau coklat muda berarti terlalu kering kurang bensin. kalau hit dan basah berarti terlalu basah kebanyakan bensin. terus dilihat pengapiannya dicek stabil tidak..cmiiw
Tanya: bro mau tanya, motor ku lampu depannya redup sendiri ketika motor hidup dan sudah berjalanagak laan, apa lagi kalau lampu sein nya hidup ditbah lagi ngerem klaksonmalah jadi mati, .kira” knapa ya bro Jawab: maaf bro motornya vixion bukan yah? kalau vixion la pake pengapian DC, jadi arus listrik langsung dari aki. kalau bohlnya redup sendiri pas motor hidup bisa jadi ada kabel yang konslet bro..dan coba cek soketnya. nah pengecekan terakhir yah cek tegangan akinya bro.. mungkin akinya udah soak. soalnya arus DC langsung ngbil dari aki..kalo akinya aja soak berarti arusnya juga tidak keluar. CMIIW
Tanya: Bro vixion ku kalau masukin gigi berasa banget, kasar, dan suara nya spai Gletak gitu, dan jika di rasain tiap kali masukin gigi rantai berasa narik banget, emang begitu apa enggak ya kalau motor vixion ?
Jawab: kadang emang gitu bro..vixy saya juga kadang gitu, kalau udah gitu tandanya udah harus servis en distel kabel koplingnya untuk rante yang narik banget, mungkin stelan rantenya kekencengan bro..coba distel lagi..
Tanya: Bro Mo Tanya Vixionku kl setting co+ knalpot nembak & busi warnanya putih tp kl setting co+ busi jadi hit & kl di gas pol keluar asap abu….kenapa ya jd bingung nih
Jawab: busi putih tandanya bensinnya kurang bro, bensin hit tandanya kebanyakan bensin. untuk kasus sobat mending settingnya di co+ aja bro..trus biar tidak terlalu hit businya, coba businya diganti dengan busi platinum. biar pembakarannya makin besar.. yang pas adalah busi berwarna kecoklatan. untuk keluar asap abu-abu pas gas pol ..biasanya indikasi pembakaran terlalu kaya alias kebanyakan bensin. coba sobat servis injectornya.. mungkin udah terlalu kotor
Tanya: Tiap moe jalan kya,adha suara ! Kipas, yang berbenturan ! Tp bentar ilang, jalan ilang lagi !
Jawab: coba cek kipas radiatornya bro..mungkin ada yang rusak or ada yang menghbat putaran kipasnya
Tanya: bro, vixion gw ndutan. pas r-nya mesin tiba kya mo mati, masalahnya kira apa tu bro? anyway
Jawab: cek ini dulu bro..mudahan bisa membantu
http//bahasotomotif.com///faktor-faktor-yang-membuat-motor-injeksi-brebet-part-/
Tanya: bro’ mohon di bantu moton vixion sya udah broti kiprok sa aki baru, tapi tiap nyalain lampu gede si mesin ngedadak mati dan susah lg hidupnya. kira kerusakannya dr mna ya.
Jawab: pas broti aki dicek tidak teganggan akinya sewaktu lampu besar dihidupkan? kemungkinan besar ada konstleting di jalur lpunya.untuk awal coba cek saklar lampu depan bro..ada kabel yang mengelupas or rusak gitu..cmiiw
Tanya: ne gua unya vixion th , dalm beberapa hari ne kipas radiatornya idup terus walau saat mesin lum panas napa tu ,,mhn batu!!!
Jawab: sensor temperaturenya mungkin error bro..itu fungsinya untuk menghidupkan kipas bila temperatur mesin sudah dianggap panas kalau tidak salah sekitar derajat.
Tanya: tolong motor vixion saya macet gak bisa hidup,,,dan lampu kontrol yang warna kuning terus menyala,,, bagaimana cara mengatasinya,,sedangkan daerah saya jauh dari kota dan jauh dari bengkel yaha,
Jawab: nyala terus ya bro….berarti ada sensor yang error or rusak. mungkin tabel ini bisa membantu (pinjem ya bro)http//beckhem.files.wordpress.com///tabelindicator-kerusakan-vixion.jpg. terus ada juga tabel yang menunjukan akibat sensor rusak apakah motor bisa hidup atau tidak. sarannya coba dicek kelistrikan , dan semua beban listrik dikurangi. supaya ecu mendapat supply listrik yang stabil..terus diengkol. mudahan bisa jalan.. kalau dah bisa jalan langsung dibawa ke bengkel resmi ya bro..
Tanya: bro motor vixion q.. ketika pas mo oper gigi kurang masuk (pas), kemudian timbul suara gitu..gara-gara gigi masuknya kurang pas… “pertanyaannya apa semac itu bisa ngrusak gigi mesin ya?
Jawab: berarti ada setelan yang kurang pas bro..untuk merusak mesin mungkin tidak secara langsung bro, tapi kalau terusan bisa aja merusak gigi-gigi didal transmisi dan ke perangkat koplingnya. mungkin distel lagi aja bro koplingnya…pasti jadi panas bro..wong kalau idup kipasnya pas jalan macet aja tetep kerasa panasnya di kaki. itu ada sensor temperaturnya yang rusak bro..coba dicek aja.kipas hidup saat temperatur mesin mencapai derajat. kalau sensornya tidak rusak berarti kipasnya yang rusak bro..biasanya sih di dino kipasnya
Tanya: bro motor v-ixion saya kalau uda panas lampu indikator suka nyala terus bro…
trus tiba” mati sendiri kenapa tu bro ??
Jawab: setiap indikator nyala berarti ada kerusakan bro, komen dibawah ada tabel arti kedipan dari lampu indikator. terus itu terasa panas bgt tidak bro mesinnya? kalau panas bgt ada indikasi motor sobat overheat atau kepanasan. coba cek air radiator dan extrafan.
Tanya: pengaruh gak bro kalau mtor nvl pke knalpot r pda sistem injeksi
Jawab: untuk pengaruh tidak..jelas berpengaruh bro..coz ada perubahan di sistem pembuangan(knalpot). tapi untuk mendapat hasil maksimal harus disetting lagi bro.. khususnya di semprotan bahan bakar.
Tanya: untuk setelan knalpot racing pada vixion,…agar suaranya mbrebet-brebet(atau di sini istilahnya setelan mbrebet)….itu gmna y bro??
Jawab: maksudnya gimana bro? biar tidak brebet ya bro? brebet itu istilah untuk kalau kita tarik gas motor tidak langsung jalan, ada jedanya..dret.dret gitu..untuk setelah knalpot racing vixion paling mudah setel lagi COnya. dan yang paling pas adalah pake piggyback sistem injeksi
Tanya: bro vixion saya kalau d gas tnggi tidak mo rata mlah brebetn tidak jelas ap lg kalau d gas agak ngebentak lbih parah, kira” kenapa y bro,,,,???
Jawab: perta cek busi bro..businya bener untuk vixion tidak? terus cek jalur bensin, termasuk filter bensin. kalau kotor dikuras bro..kadang ada air yang masuk tangki. kalau masih servis sistem injeksinya bro..)
Tanya: bro kalau injeksi vixion di buka dari tanki dan di biarkan d tempat udara terbuka kiira” ada efek nya tidak ya bro ? soal nya tanki saya lagi di cat bro , jadi injeksi nya di buka .
gimana tu bro ? maksud saya pompa bensin yang di dal tangki vixion bro ?
Jawab: tidak masalah bro..yang penting tangki bensin tidak kemasukan benda asing. dan sebaiknya sebelum dipasang lagi dikuras dan dibersihin tangkinya dulu bro..
Tanya: vixion saya cepat bnget panas nya bro ,, padahal air radiator nya full terus bro .. kalau udah panas gitu , motor saya brebet ,, kadang matii .. kalau hidup pun keluar asap hit dan brebet bro .. kenapa ya bro ?
Jawab: udah cek kipas radiatornya bro? idup tidak? kalau idup saran saya coba sobat servis besar dan bersihin kerak yang ada di silinder..
Tanya: si kuda hit saya, pada waktu kontak dinyalakan pada spidometernya kok kadang-kadang hidup,,,kadang kagak ya bro? nah, parahnya kalau lagi jalan terus gas nya dikecilin langsung mati pet bro,,dan sulit dihidupin. spido kagak hidup sa sekali. tolong ya agan,,,,,,sudah tak bawah ke bengkel resmi tpi waktu di cek g ada masalah bro, tpi kalau udah dirumah matian lagi bro…..
Jawab: koq aneh ya bro..udah coba cek akinya bro? atau sistem pengisian akinya..curiganya di sistem kelistrikan dan pengapiannya bro..apalgi udah ke bengkel resmi, harusnya sobat balik lagi ke bengkel resminya bro..biasanya masih ada garansi minggu.
Tanya: motor saya kog gak bisa hidup y skrg ni ? padahal skring dan aki udah saya cek bro .. saya idupin kontak nya gak ada idup suara injeksi atw app gtu bro .. di aja bro .. pkq nya tidak biisa idup listrik nya bro .. knpa tu bro ?
Jawab: coba cek kontaknya bro..mungkin ada kabel yang putus or sudah rusak kontaknya..
Tanya: bro vixion saya cepat banget panas nya bro ??? gak spe menit perjalan sudah panas banget .. kmren kipas nya gak hidup bro .. terus kipas nya saya sbung kabel sendrii ke aki bro ,, kipas nya hidup tapii sa aja panas bangett .. tlong kasih tau masalahnya dan solusi lengkap nya bro ..
Jawab: walah langsung dijumper ya kipasnya..ehhe berani juga ya bro..soalnya kipas khan idup berdasarkan sensor suhu. tapi saya juga tidak tau ngaruhnya kalau dijumper.. untuk masalah panas perta cek air radiator berkurang tidak? kalau udah ditbah tapi kurang terus berarti ada kebocoran, terus ada kemungkinan air radiatornya tidak bersirkulasi karena thermostat rusak, waterpumpnya rusak. yang terakhir kemungkinan ada setelan yang kurang pas…misal bensinnya terlalu miskin sehingga jadinya overheat(terlalu irit) oh iya satu lagi bro, ada kemungkinan putaran kipasnya udah lemah karena fungsi dinonya udah menurun
Tanya: kiira kiira kalau d bawa ke bengkel resmi nya biisa gak vixion saya sempurna lagi bro ..
dan kira” biaya nya berapa ya bro kalau d bawa k bengkel resmi ..?
Jawab: harusnya bisa bro….masak bengkel resmi tidak bisa benerin. kalau bengkel resminya tidak sanggup sobat lapor aja ke yaha pusat. untuk biayanya tergantung apa dulu yang rusak bro..
Tanya: bro knapa mtor viksen klau lagi jalan ngadat- ngdat…
Jawab: cek businya dulu bro.. bener punya vixion tidak?
Tanya: busi dan oli yang cocok dan bagus untuk vixion apa merek nya bro ?
Jawab: untuk busi yang banyak dipake aja bro..kayak NGK atau Denso. untuk motor standar coba pake busi yang tipe platinum..(ada artikelnya, dicari aja ya bro..) untuk oli yang bagus saya rekomendasi motul, tapi harganya lumayan mahal. untuk yang agak murah dan lumayan bagus biasanya saya pake pertina enduro racing
Tanya: Oli itu mahal nya berapa dan oli nya ml gak bro ?
Jawab: kalau motul yang sekitar rban(kalo tidak salah) bro )..iya cari yang ml.
Tanya: bro oli apa yang tidak cepat panas dan yang paling top untuk vixion ml ?
Jawab: kalau menurut saya motul a enduro racing bro..coba lihat komen sebelumnya
Tanya: bro vixion saya kok lampu indiktor panas nya nyala setelah jalan sekitar mnt ya, saya udah coba beberapa perbaikan diantara nyTanya: . broti thermosensor, broti thermostat, broti air radiator, service besar (sekalian check jacket coolant nya) perbaikan di atas di kerjain di bengkel resmi tapi tetep tidak ada hasil nya . kipas radiator juga muter nya tidak setabil (kenceng,pelan,kenceng,pelan)
itu kenapa ya..?
Jawab: berarti masalahnya di dino kipasnya bro..coba dicek dulu..harusnya muternya stabil.CMIIW
Tanya: bro,aku punya vixion udah minggu ini motorku kl jalan jauh mesin udah panas lampu indikator warna kuning nyala terus sy udah bawa kebengkel disuruh broti ECU sa kiprok udah sy broti tapi tetep aja nyala.masalahnya apa ya bro?
Jawab: saran saya coba dicek kelistrikannya bro..dari aki spe ke pengapian dan pendinginan. kalau aki soak biasanya ditandai dengan klakson yang mendem bunyinya..trus untuk mesin kepanasan biasanya muncul lampu indikator merah yang tandanya overheat.trus banyak juga kasus yang sensor suhunya rusak..jadinya lampu indikatornya nyala terus..saran saya lagi harusnya sobat balik ke bengkelnya bro..udah diganti ECU problem masih muncul.
Tanya: kipas nya muter tidak stabil setelah lampu indikator panas nya nyala bro..klo indikator nya belum nyala kipas nya normal.. aneh nya semalem e balikin knalpot ke standart lagi (sebelum nya racing), dan tadi pagi di coba bolak-balik bekasi-karawang tidak ada masalah, lampu indikator panas nya tidak nyala lagi…. kenapa ya..? jadi makin bingung????
Jawab: wah..agak aneh juga ya bro kipasnya. kalau masalah indikator nyala(overheat) mungkin saya bisa kasih penjelasan dikit..apalagi masnya bilang pas pake knalpot racing. setahu saya gejala overheat terjadi karena sistem pendinginan tidak sempurna,settingan yang kurang tepat. nah kayaknya vixionnya kena gejala settingan yang tidak pas karena udah broti knalpot racing..pergantian knalpot racing harus juga dibarengin ubahan disettingan bensin dan udara. kemungkinan besar setelah broti knalpot racing settingannya terlalu kering alias kurang bensin..jadi timbul gejala panas yang berlebihan. coba masnya setting COnya or..kalo kurang berarti masnya harus broti ECU or piggyback racing atau broti injector yang lebih banyak menyemprotkan bensin… CMIIW
Tanya: klw api busi ad bensin ad, terus lmpu indi kator nya yang wrna kuning di spedometer slalu br kedip, jdi swktu d selah atw di stater br kdip truss, mtor pun jdi tidak hdupp, kerusakan di mna nya tuh bron???
Jawab: coba cek di tabel arti kedipan lampu ECU, ada di komen sebelumnya bro..jadi tiap kedipan itu ada artinya bro..dibedain sa panjang pendeknya lpunya berkedip. coba diperhatikan aja bro.. CMIWW
Tanya: mesin saya kok kasar bunyi nya ,, di bawa jalan pun gak ada lari nya nya ,, kenapa tuh bro
Jawab: kasarnya gimana bro? pe bunyi aneh tidak? sobat pake oli encer apa kental(coba dilihat spesifikasi olinya?) biasanya kalau pake oli encer memang suara mesin terdengar lebih kasar. terus untuk vixion yang tidak lari.. biasanya karena kpas kopling yang sudah habis, dan itu normal untuk vixion yang umurnya udah tahunan.
Tanya: terus apa nya yang harus di perbaiki bro .. agar vixion saya suara nya halus dan ada lari nya ,, kencang .. wuuussssssssss
Jawab: coba diganti kpas koplingnya bro..sekalian servis besar+ganti oli. mudahan membantu
Tanya: asal dihidupkan mesin ny brebet gitu bro seperti abis minyak (terkadang la menyala)..busi uda diganti pake NGK, terus knalpot nya saya pake knalpot FU yang uda dibelah bro..
mohon solusi nya..
Jawab: kayaknya itu gejala kekurangan bensin bro..coba setting lagi CO nya, kalau memang sudah tidak bs disetting COnya(setelannya mentok) masnya harus pake piggyback or ECU stand alone untuk settingan mesin.
Tanya: kalau setting CO + di BeRes yaha kira biaya nya berapa yaa mas?? terus mas bilang kalau setting CO nya uda mentok, harus pake piggyback or ECU stand alone biaya nya kira kena berapa juga mas..??
Jawab: kalau untuk setting CO aja saya kurang tau mas..setau saya setting CO termasuk agenda wajib pas servis rutin. coba ditanyakan langsung aja.. untuk harga piggyback atau ECU stand alone sekitar sejutaan mas, pilih produk lokal sudah banyak tersedia dipasaran salah satunya BRT juken, iquteche, speedsparks dll. kualitasnya bagus dan terjin koq bro..
gan motor vixion saya kalau dinyalain nyalanya lma bgt,jd musti w bantu pke stater kaki bru bisa nyala itu kira knapa y bro tolong dibantu ya
starter elektriknya hidup tidak bro? klaksonnya bunyinya nyaring tidak? kalau starter elektrik hidup tapi tidak “ngangkat” dan bunyi klakson yang tidak nyaring, kemungkinan akinya udah soak bro..coba cek tegangan akinya.
nyala smua bro g ad yang mati.
jdi problemnya cma lma ngangkatnya aj tolong sarannya and makasi y bro
kalo semuanya hidup berarti mungkin masalahnya ada pada komponen starter elektriknya, ada pada settingan bensinya kurang banyak atau ada kerusakan pada sensor Idle Speed Control(ISC) yang bertugas menjaga putaran mesin(pada saat mesin dingin maka putaran mesin akan naik) CMIIW
Tanya: Vixion saya kog sudah gak ada lari nya lagi bro ? kayak berat gitu tarikan nya .. belom spai habis gas nya udah bergetar semua bro .. terus suaranya kasar banget bro .. gak bisa d bawa laju.. kira” gak spai bro kcepatan nya bro .. kira” kenapa ya bro ..bantu saya bro
Jawab: coba sobat servis besar dulu, terus cek silinder, klep dll. kalau memang tidak presisi harus diganti, bila cuma kotor dibersihkan keraknya. terus lanjut ke cek dan bersihkan injeksinya,dan pengecekan jalur bahan bakar, sekali lagi bila kotor wajib dibersihkan. terkakhir coba cek pengapian dan cek kpas kopling, bila habis wajib diganti.
Budy
gan, vixion saya th , saya pakein klakson keon v, tp kalau lpu+sein nyala, klaksonnya gak nyaring, pa karna power akinya gak kuat ?
Jawab: berarti tidak kuat bro akinya..coz aki vixion standar cuma ,A, sobat coba broti akinya yang agak besar A.. yang punya suzuki satria FU, bisa langsung masuk cuma lebih tinggi aja.
Dimas
Bro
napa y v-ixion aku mati stelah doorsmeer.
Ketika tu aku baru broti spoL karna terbkar.
PEACE
Jawab: doorsmeer itu cuci motor ya bro?kalo setelah cuci motor terus ada yang aneh, kemungkinan besar ada air yang masuk ke sistem kelistrikan sehingga timbul konsleting. coba dicek kelistrikannya
hady
gan vixion saya kga mau nyalah padah udah broti busi iridium ,biasanya kan kalau dinyalahin biasanya ada suara injeksi apa apan gitu, tpi skrang kga ada suara itu, apa kalau kpas kompling abis berpengaruh? (tolong pencerahan)
Jawab: seharusnya ada bunyi bro..itu bunyi pompa bensin yang ada di tangki, setelah diidupin harusnya pompa bensin juga hidup..nah kalau tidak bunyi berarti pompa bensinnya rusak or ada masalah. kalau pompa bensin tidak idup otomatis motor tidak bisa idup bro.. kalau kpas kopling bermasalah harusnya mesin tetap bisa hidup bro..CMIIW
Uraz
Mw nanya Mas……
V-ixion saya kalau jalan terasa bergetar spe kaki,terasa kaya kasar tetapi kalau jalan posisi mesin mati normal saja tidak ada getaran……
Itu apa ya Mas masalahnya…????
Apa benar dugaan saya itu kpas kopleng yang aus…???
Mohon penjelasannya Mas……
Jawab: hmnn..kalo memang sumber getaran dari mesin, berarti harus bongkar mesin atau turun mesin bro. semuanya dicek..ada komponen yang sudah tidak balance bisa piston, kem atau engine balancernya yang kena. kalau kpas kopling aus tidak timbul getar bro..ciri kpas kopling ausakselerasi tidak spontan,jadi boros terus tenaga terasa kurang saat menanjak/boncengan.. tetapi getar juga bs dikarenakan komponen kopling dan transmisinya yang rusak.
hady
Bang vixion pake spul basah apa kring si? Kasih tau dong caranya buat ngebetulin pompa bensin yang tidak nyalah ?
Jawab: kalau tidak salah spulnya basah bro.., waduh kalau cara benerin pompa bensin saya tidak tau bro..karena pompa bensin biasanya dibuat supaya tidak bisa dibenerin(satu kesatuan). mending sobat lsng cek ke bengkel resmi aja..mungkin masalahnya bukan pada pompa bensinya, mungkin cuma kelistrikannya or pompa bensinya kotor
Reza
bang, kl motor saya kadang knalpotnya nembak biasanya pas turunin dari gigi ke kenapa ya?
mksh…
Jawab: kemungkinan bahan bakar terlalu kering bro..coba disetting ulang COnya. kalau motor sobat udah dimodif(ganti koil,busi dll) dan setelan COnya udah mentok mungkin harus pasang piggyback atau ECU stand alone.
Zulfikar
Gan, saya punya vixion tahun
.Masalah lampu indicator nyala dengan kode ( kedip detik, kedip , detik)
.Aki dah pernah broti.
. Kiprok dah pernah broti.
. Sekring Ok.
. Dulu pernah kyk gini terus broti fuel pump, hasil OK. Tapi muahalll….
kesimpulan
Punya alternatif gk?
Jawab: kalau dari tabel kerusakan artinya ada kerusakan di aliran kelistrikan, berarti mungkin bener masalahnya di fuel pump..nah untuk alternatif fuel pump agak susah bro, tetapi setau saya fuel pump bisa dibenerin(diservis) tapi agak susah nyari bengkel yang bisa benerin. coba tanya di bengkel mobil yang bisa servis fuel pump..karena pada prinsipnya sa fuel pump mobil dgn motor. tapi saya tetap sarankan beli fuel pump baru atau bekas..karena bila fuel pump spe rusak lagi dan menimbulkan kornsleting setelah diservis bisa bahaya bisa timbul api bro..dan bayangin kalau ada api di tangki bensin ..
zulfikar
Orkess bro, gope lagi dah keluar, hihihi.
last quest, mungkinkah ( by Stiky ) jika cover body Vixie lightning di aplikasi ke Old Vixie ,
Trims berat….
Jawab: ahahha..emang mahal bro..tapi coba cek di kaskus bro, mungkin ada yang lebih murah. kalau masalah bisa tidak..kayaknya bisa bro secara rangka vixion la dengan lightning masih sa, tapi tetap ada modifikasi + tbah plat sana sini biar body lightning nempel dengan pas. tapi itu cuma kira aja ya bro..ane juga belum pernah nyoba ). mending modif jadi yaha R aja bro..)
HENDRI JABIR
Gan tolong saya ..
Vixion saya punya banyak masalah bro ..
. Mesiin saya suara nya kasar
. Ketika masukin gigi suara nya juga kasar ..
. tidak ada lari nya bro tarikan nya berat
. Capit udang(sasis) saya goyang.
. Gas nya tidak normal bro
. Batangan vixion saya juga sudah tidak lurus (bengkok)
. minyak saya boros
. lampu redup apa lagi pas tekan rem ..
yng terakhir bro
Pokok nya Vixion saya hancur gak karuan bro ,,
Bawaan nya sudah tidak enak di bawa jalan ..
Tolonng kasiih solusinya ya bro ..
and bagaimana cara memperbaikinya ?
trims
Jawab: wah…banyak juga masalahnya bro…heheh tapi mengingat usia kayaknya memang harus banyak perbaikan.
.untuk mesin kasar.. coba sobat servis besar dulu mungkin ada komponen yang sudah aus klep, piston dll.
.kalo masuk gigi kasar bisa juga karena settingan koplingnya tidak pas or broti kpas kopling racing(saya pernah broti kpas kopling vixion dgn scorpio memang untuk masuk gigi awal timbul suara njedak)
. untuk tenaga yang kurang mungkin kpas koplingnya sudah habis or ada komponen mesin yang sudah aus (berkaitan dengan no .)
. itu perlu dipress dan di balance bro..langsung ke bengkel khusus press aja..
.gas tidak normal gimana bro? kalau putaran gas berat or nyangkut berarti kemungkinan kabel gas harus dibersihin atau diganti.
.di press juga bro.. ke bengkel press motor..)
. bensin boros ada kaitan dengan jawaban no. sa no bro..kalo semua beres insyallah lebih irit.
.lpu redup biasanya karena listriknya kurang bro..bisa akinya udah mulai soak atau ada konsleting di kabel kelistrikan. coba cek satu..dan bisa juga karena ada penbahan accesories yang perlu listrik kayak klakson, lampu tbahan dll
haahha vixionnya j terbangnya tinggi ya bro.. pelan aja benerinnya bro..)
opick
gan kl indikator mesin vikxion kalau jln tiba-tiba sering nyala pengaruh apa bro??dah sy bw ke dealer resminya tp ttp sm sj.
pada hal dah broti busi dan accu ttp sm sj,kira-kira apanya ya bro?
Jawab: kalau hidup pas jalan kemungkinan sensor ECU dll kekurangan teganggan listrik bro, motor sobat pasang accesoris yang perlu arus listrik tidak? coba cek jalur kelistrikannya..kalo accu udah broti ada kemungkinan pengisiannya bermasalah bisa kiprok atau spul. CMIIW
HENDRI JABIR
trus gimana supaya kyk baru lagi bro ?
ada yang lain tidak yang hrus d perbaiki ..?
biiar motor saya enk di bawa agi ..
Jawab: yang itu dulu aja bro..yang lain biasanya menyusul..hehe
tomy
gan, tolongin saya bro,
tadi pas matiin motor, lupa tidak saya cabut kunci motornya, dan nyala terus akinya, padahal mesinnya udahh matu,, terus sekitar j an gtu baru saya cek lagi, ternyata kuncinya masih di situ, nah pas saya coba starter, tidak bisa bro.. ini solusinya gimana ya bro? mohon bantuannya bro…
Jawab: wah..di engkol idup tidak bro? coba di engkol(kick starter ) dulu.. biasanya masih bisa idup. kalau tidak bisa coba cek akinya bro..mungkin tekor. kalau tekor coba bawa ke toko aki untuk dicharge lagi..kalo tidak bisa berarti harus beli aki baru bro.
junaedi putra
gun saya mw nayak nech…motor v-ixion saya tahun ,,,mslah.a kalau di gas full nyendat,,,udah coba di buka trotolbodi,,full fump,,,sma alat pengkabutan.a tapi tetap aja gg bisa di gass full,,,kira” apa ya masalah.a itu..
tolong kasih saran lah gun
Jawab: udah coba cek ECU nya bro? mungkin settingan bensinnya kurang pas..kalo nyendat biasanya ada masalah di materi; pengapian,bensin dan udara.
anton
gan vixion saya di lihat lihat kok pendek ya dari vvixion lain nya .
ane mau buat cungkring bro ,,
giman caranya buat cungkring dan belakang nya tinggi bro ?
trus saya mau nanya gigi trik merk apa yang bagus buat vixion bro ?
Jawab: pendek maksudnya gimana bro? lebih rendah gitu ya bro…? untuk bagian lebih tinggi bisa dari monoshocknya diganti, terus kalau yang ini biasanya malah untuk nurunin bagian belakang yaitu diganti besi link dari monoshock ke peganggannya, kalau untuk ninggiin kayaknya prinsipnya sa. terus trik lain itu mendekkin sumbu roda biasa dipake di motor drag, jadi roda belakang dimajukan(harus dimodifikasi swingarm+rantenya). gigi trik itu apa ya bro..heheh..)
junaedi putra
udah di cek gun….tp ttap aja gg bisa di gass full,,trus nembak” knalpot.a
lw injector.a harga.a brapaan ya…
solusi cara bersiin injector nya thu gmn kan itu lubang.a kecil banget,,, lobang yang gg aktif(sumbat)
Jawab: kalau harga pasti saya kurang tau bro..sekitar rban mungkin. untuk bersihinnya coba sobat pake cairan injector cleaner dulu..biasanya dimasukin ke tangki bensin. terus kalau belum normal coba dibawa ke bengkel resmi yaha..disana ada alat untuk bersihin injector sekalian untuk kalibrasi injectornya.
junaedi putra
iya saya coba dlo,,,ya saya mekanik bngkel resmi yaha gun,,,cuman kme msh di daerah sidikalang(dairi) fasilitas.a blom lengkap
Jawab: ohh..coba pake yang injector cleaner dulu bro..bisa berulang
hery
Gan harga T tkok atas brpa ya?
Jawab: harga T tkok yang mana ya bro.. yang untuk pegangan shock depan ya..CMIIW untuk spare parts yaha langsung aja cek disini bro berikut harganya http//parts.yaha-motor.co.id/ypec_bc/
alfin
gan kenapa yah motor vixion saya tidak bisa nyala lagi setelah broti seher?padahal semua kelistrikan udah oke
Jawab: tidak bisa nyalanya gimana bro? coba cek saluran bensin dan sensornya bro.. lampu indikator nyala tidak? terus ada kompresi tidak?
Setiawan
Gan tolong dong, motor vixion saya susah hidup setelah diganti busi. Sebelum broti busi mesinnya brebet di r bawah spe mau mati terus kalau dibawa jalan.
Knapa ya bro kira-kira? Mohon pencerahannya.
Jawab: dipastiin dulu bro kode businya sesuai standarnya tidak..cekhttp//bahasotomotif.com///daftar-tabel-b…a-motor-yaha/. untuk motor brebet biasanya dikarenakan pembakaran yang kurang sempurna, bisa dari bensin yang kurang,pengapian atau udara yang kurang. cek satu bro..CMIIW
fajar rurrizki
ass. bro mau tanya r vixion saya ngedrop r , terus lampu sensor injeksi dan sensor overheat tidak ada yang hidup , udh dibawak kedealer resmi katanya ecunya rusak , tapi kenapa semuanya tidak ada kendala , cuma ad kendala dilpu sensornya tidak hidup semua , tolong penjelsannya bro , sebelumnya mksih banyak
Jawab: hmnn…maksudnya tidak ada kendala itu motornya bisa jalan normal ya mas? coba cek kelistrikannya bro..dari aki,sekring pe kabel..mungkin akinya soak,sekring putus atau ada kabel konslet..trus kalau bengkelnya bilang ECUnya rusak harusnya bisa ditunjukin lewat alat pembaca ECU,kalo rusak biasanya alat pembaca ECU tidak bisa baca…soalnya agak aneh kalau ECU rusak tapi masih bisa jalan..CMIIW
ervanc
ass…gan saya mau tanya nih, motor vixion saya th., kalau di gas r pe speed cuma /kmh koq mberebet sih, kek mau mati gitu, kalau di paksain naik r malah mati bro. masalahnya apa ya bro, kalau saya broti busi denso iridium kira normal lg tidak bro, kalau misalkan emang injektorny mpet, saya isi pertax/shell kira bsa mmbantu tidak bro..???
mohon solusinya ya bro
makasih sblmnya
Jawab: semua mesin kondisi standar ya bro? kalau dari gejalanya itu tandanya settingan bensin yang kurang pas bro..atau pembakaran yang tidak sempurna. coba cek kode busi standar vixion tidak?(kadang ketuker dgn busi MX). kalau isi pertax/shell sebenarnya sedikit membantu karena pembakaran lebih sempurna dan jelas akan membuat ruang bahan bakar lebih bersih, kalau untuk injector sebenarnya berhubungan dengan kotoran yang ada di tangki, bila bensin kotor terus filter bensin sudah tidak bisa nyaring akhirnya ke injector dan bikin injector kotor bahkan kesumbat. coba sobat servis injector or injector cleaning di bengkel resmi disana sekalian dilihat settingan motor pas tidak.. oh iya untuk bersihin injector+ruang bahan bakar sebenarnya bisa pake cairan injector cleaner..tinggal tuang ke tangki. CMIIW
candra
gan knpa vi-xion saya mudah sekali panas,gmn cara mengatasinya..thak
rendy
panasnya gimana bro? kalau spe overheat biasanya motor bisa mogok..dan di vixion muncul tanda overheat. kalau overheat paling sering terjadi karena settingan yang kurang tepat(bensin kurang, busi yang bukan standar dll). sobat coba cek settingannya di bengkel resmi.. kadang juga overheat dikarenakan oli yang kurang cocok or olinya gpang menguap spai bisa habis olinya. CMIIW
edy yunus
gan sobat vixion saya habis bongkar body r di pasang body standart eh malah tidak mau hidup ,di engkol hidup,di gas sekali langsung mati. aki bagus,klakson bagus,asalnya hdp,stater tangan gtadinya hdp,stlh broti body stater tangan tidak hdp mlagi,mesin hidup sekali aja,kenapa bro pencerahannya yaaa,trim
rendy
waduh…yakin sobat cuma broti body aja? tidak ngutak ngatik kabel? biasanya tandanya ada problem di kelistirkan bisa konslet, sekring putus spe sensor yang error. untuk lampu indikator ECU kedap kedip tidak bro?
fikri
gan,,,vixi saya semalem pulang kerja tiba tangkinya ngeluarin suara dengung,seperti lagi nyedot bensin. kirain saya tidak akan berlanjut,tp ternyata spai td saya brngkat kerja masih ky’ gtu. tp tidak terussan bunyi,cuma sekali.
Jawab: itu suara pompa bensin bro..kalo keras banget suaranya mungkin ada yang nyumbat saluran bensin or filter bensinnya udah kotor
jul
gan kmaren saya cuci vixie saya semprot bagian dal jok ny sekarang vixie saya diidupin kontak lampu andikator sa starter ngk mau bro tp kalau di enkol hidup bro gmn solusi bro?
Jawab: waduh..kow bisa disemprot bro? di bawah jok itu ada ECU,sekring dll. dan semuanya berhubungan dengan kelistrikan. coba cek lampu indikator kedap-kedip tidak bro? takutnya ada yang konslet
heri
gan mau nanya, motor brebet apalagi klu pagi hari kayak kehabisan bensin, dan pada gigi ,, nyendal g enak banget, klu buat jlan baru jarak km mati dan susah di nyalakan, tolong sarannya bro.
Jawab: coba cek businya bro..jangan bukan pake busi standart vixion, terus cek pompa bensin dan saluran bensin plus injectornya bro..mungkin kotor
heru
motor saya kok makin boros ya bro,,putaran atasnya jg trlalu kurang dan getaran mesin berlebihan.knp y
Jawab: motornya tahun berapa bro? memang seiring usia pasti kempuan motor semakin menurun, solusinya ya harus banyak komponen yang dicek dan diganti. coba servis besar mesinnya bro biasanya keliatan kondisi mesin, banyak karbon atau tidak kalau banyak ya dibersihin..trus bersih injector+kalibrasi dan tangki dicek saluran bahan bakar dicek, terus cek kpas kopling. CMIIW
sidik
gan.. motor saya staternya bisa tapi tidak ngangkat kaya ngelos aja gitu bro..cuma bunyi dino stater cheet gitu tapi mesin tidak idup.. gimana tu bro solusinya..
Jawab: coba cek dinonya bro..biasanya brushnya sudah aus. atau cek aki sekalian..mungkin ngedrop
Sandiego
Gan mtor vixion saya rusak mesinnya sering mati sendiri waktu di jalan.. padaha baru x d gas.. terus bensinnya juga masih diatas %.. kira kira kenapa ya bro rusaknya.. mohon di kasih penjelasan apanya yang rusak dan biaya servicenya berapa ?
Jawab: waduh..cek sistem pengapian+saluran bensin+pompanya bro+injectornya. kalau mau tidak terlalu susah servis besar+servis injectornya.. yang agak susah kalau yang rusak kelistrikannya. harus dirunut satu sehingga tau bagian mana yang rusak
ijun
gan mau tanya neech,,
mtor saya vixion , knapa yaa mtor saya brebet setelah langs sekitar menit,tpi kalau busi bru ilang brebet”a bro,dan boros sma busi,kmaren sya bwa ke beres,kta mekanik”a kemungkinan dri komponen yang lemah,yaitu antara aki,kiprok,& spul,
Berhubung”a sya bwa duit pasan trpaksa saya tidak ada yang d broti,dan setelah dmpet sya agak tebel,sya bwa lgi ke beres,tpi mekanik”a beda,eh kta mekanik”a koil”a yang lemah,jdi bngun saya bro,,
tlong dong kasih pencerahan biar vixion saya tidak bermasalah,thanks sebelum”a,,
Jawab: permasalahannya kayaknya memanng di pengapian bro..kalo untuk pengapian memang agak susah komponen mana yang rusak, salah satu caranya dicek satupersatu. dari aki,koil .coba sobat broti koil dulu saya curiganya memang koilnya yang bermasalah
Ijun
Apa bener bro koil?,
dan knapa soket spul yang ke kiprok panas yaa bro?,,,
Jawab: nah itu dia bro susahnya mendeteksi pengapian+kelistrikan. harus satu persatu dicek..saya tidak berani kasih saran yang pasti bro..mending ke mekanik yang ahli dal kelistrikan+pengapian
Deri Rahman
Gan vixion saya tidak kuat nanjak kenapa ya?itu pake gigi
Terus pas lg di standar saya idupin terus saya masuk gigi dgn keadaan kopling masih di tekan ko ban udh jalan yah, harusnya loss kan?itu kenapa ya bro?
Jawab: ada tanda kpas kopling sudah aus bro..segera broti bro.
Tanya: Oia bro mtr jg suka tiba-tiba mogok kya aki tekor, kontak masi nyala lampu dpn redup sm sein tidak mau kedip, di starter tidak ada bunyi mau nyala, di engkol jg tidak bs nyala, tapi kalau udh didiemin sekitar j terus di starter lg bisa tu nyala normal lg, kya gitu sering bgt, knapa ya? kalau mesin kepanasan akibat air radiatornya kosong apa mesin tidak bakal mau idup bro?
Jawab: udah cek aki bro? kalau aki udah bagus kemungkinan besar di pengisiannya..
Tanya: Udah bro, malah udah broti aki baru, soal air radiator apa vixion kalau mesinnya terlalu panas dia bakal mogok?
Jawab: hmnn..agan pasang variasi yang berhubungan dengan klistrikan tidak? takutnya ada yang konslet.. iya bro kalau mesin terlalu panas otomatis mesin akan mati dan ada muncul tanda overheat
Tanya: bro motor vixionku distarter g mau nyala , kalau dibiarin kontak posisi on kadang nyala sndri tp hrus nunggu la,klo di engkol bs.lpu dpan redup,..kira apanya y mas bro…mohon solusinya
Jawab: waduh..koq parah bro..?? cek kelistrikan total bro..kayaknya ada yang konslet or salah kabel.cek juga kabel yang di kontak mungkin disana konsletnya
Tanya: bro soket spul”a panas knapa yaa?,,,
Jawab: hmnn..mungkin tegangganya tidak stabil bro, kiproknya mungkin bermasalah
Tanya: Kiprok kmaren saya tuker pake sma vixion ,aneh”a spul mtor saya masih panas bro dan mtor yang saya pinjem kiprok”a itu tidak ada masalah pake kiprok mtor ane,
Jawab: hmnn aneh juga ya bro..wah..tinggal cek spulnya dan jalur listrik dari aki mungkin ada yang konslet
Tanya: bro mau nanya saya bingung …saya baru beli vixion fuel injection new.masalanya saat mesin di jalanin kira kira km mau masuk gigi waktu saya kopling langsung mati, terus lampu indikator yang kuning kedip kedip terus aq nyalakan gak mau hidup ,baru aq matikan dulu kontaknya bisa di hidupkan..dan radiatornya cepat panas, kejadian itu semenjak aq bawa kebengkel modif acecoris waktu pulang..maaf bro aq minta pencerehannya makasih..
Jawab: maaf itu pasang aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan tidak? kalau iya ada kemungkinan konslet or ada yang salah di instalasi kabelnya. or ada kabel yang kegesek or soketnya kendor . coba cek bro..CMIIW
Tanya: Ini loo motor vixion saya baru aja kemasukan air _ truss fueel pump nya gak mau nyala/ bunyi... Setelah dikuras truss sekalian dbersihin filter” a injektor .. Truss bisa lagi nyala fuell pump. Nya.. Tapi cuma bunyi getar aja gak ada nginggg!!!b! Nginnnng!!. Truss setelah kontak d idupin. Di stater + d engkol juga tidak bisa idup” lagi .. Jadi binggung ni .. Harus d apain lagi
Jawab: bisa jadi fuelpumpnya yang bermasalah bro..coba sobat cek ke bengkel resmi mudahan fuelpumpnya bisa dibenerin.kalo tidak bisa terpaksa diganti bro..
Tanya: Fuell pump nya mau aja boz. tpi kurang deras kluar nya. tpi tetp juga tidak bisa hidup. Kira” bisa djadi’in kalburator tidak yaa_ ngaruh tidak yaa kira”.. Kmarin vixion teman saya tidak pke fuul pump d rubah nya jdi kalborator- pul pump di cabut bensin langsung d alirkan_ gmn itu boz pndapat mu ada ngaruh nya tidak yaa
Jawab: bisa jadi salurannya terhbat,bisa jadi pompanya memang udah rusak..kalo diganti karburator bisa aja bro..tapi banyak yang harus dicabut.khususnya sensor dan kabelnya bro..untuk pengaruh jelas bisa lebih boros bensinnya..tapi ada kemungkinan tenaganya bisa naik kalau settingannya tepat
Tanya: mau tnya vixion saya kbel yang msuk ke cover crnk case sblh kiri pnh gw lpas. mau gw smbungin kbel buat bkin switch rhsia. tidak tau nya mtr saya srng mgok. pas saya lpas lg tu switch rhsia nya mtr di pke srng mrbet bro. kadang juga mati msin nya. tu gmn n apa nya yang rusk yh?
Jawab: bisa jadi konslet bro..cek ke kebengkel resmi bro takutnya ECU or skeringnya yang rusak, atau cuma perlu direset ECUnya
Tanya: mo tanya mas, vixionku kalau jalan baru sbentar aja kok panas ya kiproknya kmrin broti aki baru mlah pas lg jalan mati, nah ta broti lg pke aki bekas kok malah dah ada minggu ini baik sja, yang pngn q tnya kok kiprok nya cepet bnget panas ya wlo jalan blum jauh gt, prmasalahanya apa ya mas n tlong kasih tw solusi nya dongmas.. mturnuwun
Jawab: kayaknya masih wajar bro kalau kiprok panas..kalo tidak bermasalah pada saat pengisiannya arus listrik ke akinya.k
Tanya: bro,tanya dong ,,vixi saya kadang bunyi kaya suara curut,, kira kenapa y? terus kalau boncengan motor jd ngeden katany krn kpas koplingny y bro? kalau broti kpas kopling yang lebih bagus dr yang standar pake apy?Trus semenjak d broti ban depan pake tubles /- jarum indikator jd labil,ane tany k beres katanya gear box ny suruh broti,ane minta d cek dlu, dia bilang broti gear box ny trus,, kalau boncengan,yg saya bonceng goyang kenapa motor jd oleng y bro?
Jawab: kalau ngeden bener biasanya kpas koplingnya yang habis, bisa pake punya scorpio bro..lebih murah dan bagus, or pake kpas kopling racing kayak daytona dll. jarum indikatornya tidak ngaruh dari ban bro..kalo jarum indikator naik turun, biasanya dari kelistrikan. akinya drop, or dll
Tanya: bro.ane mw tanya nie vixen saya kalau lgie posisi awal dihidupin susah di gas besar atau di gober-gober. Tp kalau sudah posisi mesin panas atau berjalan skitar - m.baru bisa di gas besar .padahal saya sdah kuras tu tanki pe bersiin saringan ny .ganti a yang baru.busi sdah bru.tp msih aja bro.ap y bro mslahnya
Jawab: coba cek idle sensornya bro,mungkin kotor..
Tanya: Cara nya bro .dan apa aja alatnya .
Jawab: wah harus pake alat bro..khusus injeksi disitu bisa dicek apakah part tersebut normal apa tidak.. nanya OBD diagnostic
Tanya: bro .mw tanya lgie nie bro . kalau tekanan full pum yang tidak standar atau tidak kuat lgie semprotanya .Cara mngethuinya ge mna ya bro . Sdh it kalau emnk smprotan tidak kuat kira bisa di kembaliin ke normal tidak tekanan full pum ny.Tolong di bantu ya bro.Thaks sbelumnya bro.
Jawab: wah..agak susah bro ngukurnya..biasa diukur dan volume semprotannya pada putaran terntentu, dan dicek juga semprotannya merata(berkabut) tidak? kalau tersendat dan volume semprotan bensinnya kurang bisa jadi injector atau fuel pumpnya terganggu kinerjanya. untuk tahap awal mending sobat beli cairan injector cleaner, kalau kurang puas bisa ke bengkel resmi terus dicek semprotannya dan kalau bisa dikalibrasi ulang plus dibersihkan.. kalau tidak bisa yah bisa jadi broti inejctor,fuel pump. CMIIW
Tanya: bro gue mau tanya. Motor v-xion gue kadang suaranya kasar d bagian blok. Bunyi titit parah bgt n gak da tarikanya berat bgt lah pokoknya..
Jawab: hah? bunyinya gimana bro? masak titit..heheh..kalo kasar coba sobat servis besar dan minta dibersihin semua kepala silindernya mungkin ada part yang udah aus.
A:Gan motor gw kalau buat nanjak agak berat ya,trus kopling’a endet”an. Waktu itu gw servis kebengkel resmi kata’a rumah kopling udah oblak. Udah gw broti tapi tetep aja masih bermasalah
B:wah..kpas koplingnya dicek dulu tidak bro? apa masang rumah koplingnya kurang pas
Tanya: bro saya mau tanya ni, ,vixion saya ,,starter + di kick starter ndk hidup,, , lampu + klakson hdup kuat, , , apakah spul ato busi ny ni bro ???? di cek busi ndk ad pengapian, , tadinya lancar jaya, , ,pas kira menit di parkir mau pulng lngsung mati
Jawab: cek sekringnya bro..mungkin putus
Tanya: bro tolong bantu iya kenapa motor vixon baru gw pas di idupin mesin r nya naik turun terus tapi pas udh panas ma biasa normal apa nya iya bro ???
Jawab: itu normal bro…karna untuk awal hidup ada penyesuaian kondisi sensor, kalau dirasa mengganggu coba cek idle speed sensornya..or coba cek ECUnya mungkin ada masalah
Tanya: Knpa ya shockbreaker dpn mtr saya bunyi kya ngegubrak?pdhl cuma kna lobang kcil doank. ktnya si komstirnya? trus,selain service n broti oli, kira apa aja ya yang hrs rutin di broti?
Jawab: memang biasanya komstirnya bro..kalo tidak oli shocknya udah minta broti or pernya sudah lemah. yang rutin diganti ada di buku panduan bro..lebih baik ikut buku panduan pabrikan, disana lengkap interval broti parts
Tanya: bro motor gue vixion ,,klo buat jalan ∂ȋ̝̊̅̄ gas besar mati bro,,tpi kalau ∂ȋ̝̊̅̄ kecilin lagi gasnya hidup lagi bro,,kira apanya bro ?
Jawab: cek pengapiannya bro..or lebih gpang cek ECUnya ntar distu ketahuan yang mana yang rusak
Tanya: vixion saya brebet terus kalau di r rendah,,udah di bawa Ќee beres yaha tpi katanya gak ada msalah !!busi sudah gonta broti tpi tetap brebet..jdi ada solusinya gak boss??ane jdi bingung ne!!! Vixion new !!!
Jawab: cek dulu businya bener bawaaannya standar vixion tidak..soalnya saya juga dulu pernah brebet, ternyata salah busi.pake busi jupiter mx. kalau tetep brebet coba setelah bensinya agak diperbanyak..atau setelan COnya ditbah.
Tanya: bro,vixion saya lampu sein depan kiri mati saat stang e saya lurusin, saat belok k kri idup, kira apanya bro? apa ada kabel yang copot?
Jawab: mungkin soketnya kendur bro…atau dudukan lampu di seinnya agak kendur
Tanya: ada masalah dgn sistem pengisian pada saat engine hidup kabel body yang warna merah panas kira apav ya?
Jawab: waduh..mungkin kiproknya yang error bro..
Tanya: pas stasioner waktu mesin panas ada bunyi nyit gt bro dan saya ati suara dri water pump, tp semua g ada tanda g bres kecuali suara itu. Tu apa y bro?
Jawab: yakin dari water pump? bukan dari kipas radiator? tapi bisa juga dr waterpumpnya..
Tanya: motor vixion gw thn bru ngalin ne tidak bisa di stater sma sekli,tdinya se sblmnya gw psang anti pengan,tpi sdh bln kmudian staternya ngadat.dn kmrn sdh sya bwa jga ke bngkl resmi,klu mslh aki se msh bagus., kira mslhnya apa ya bro,ap ad kaitanya dgn anti pngan??? Tolng di bntu ya bro,thanksss
Jawab: bisa jadi..mending sobat lepas anti pengannya. dan kembalikan posisi kabel speerti semula..motor injeksi memang agak sensitif masalah kelistrikan bro..butuh orang yang expert untuk memodifikasi atau menbah accesoris kelistrikan
Tanya: kalau vixion gue mati ni udah gue cek nga ada apa cuman anehnya kalau kabel penghubung injeksi nya di lepas mau hidup tai na nya minyak nga jalan ya mati lagi bro
Jawab: hmnn..mungkin ada sensor yang error bro..
Tanya: bro spdax saya pelbungx rusak bro terus saya mao beli tpi g sa dengan thun yang baru bro pux saya v_ixion thun bro apakah memenag tidak sa ya bro, soalx saya cari di daerah saya sulit yang punya ta hun bro, terus bagaimana ini bro
Jawab: maaf bro maksudnya itu pelpung bensin ya bro..? kalau pelpung bensin vixion yang baru bisa dipake
Tanya: bro mau nanya nih. vixion saya thn …koplingnya kok lemah ya bro..pdhal sdh saya atur setelannya ttp aja lemah..masalahny di kpas koplingnya atau di rumah koplingnya…masalahnya kopling sdh di tekan msk gigi ttp aja jln…biaya perbaiakannya brp ya bro… makasih sblmnya bro…
Jawab: coba broti per koplingnnya bro…yang agak keras…CMIIW
Tanya: Maaf sebelumnya, bro saya mau nanya kalau posisi motor gak bisa di start dan waktu start spidometer redup dan indicator kuning menyala kedip. motor new vixion , tolong bantuannya bro.. thanks
Jawab: kayaknya itu gejala akinya soak bro..coba langsung broti aki..dan jgn lupa dicek dulu teganggan akinya..CMIIW
Tanya: bro gw mao tanya . vixion saya tahun , baru ngalin masalah kaya gini .. saat dikendarain tibax ngempos dan digas kembali tidak bisa harus dimatiin dulu mesinnnya nah pas dingalain lagi bisa tapi pas jarak meter kembali kaga gtu lagi ,, kenapa yah bro ?? mohon penjelasannya
Jawab: cek pompa bensinnya bro..mungkin rusak..atau ada yang kotoran.
Tanya: tolong bro, kenapa ya motor vixion saya tahun setiap di tbalan jalan goyang kaya pengen jatuh, udah pernah coba broti bosh arm monoshock tapi masih goyang juga ? itu kenapa ya masalahnya ?
Jawab: cek shockbreaker,cek bos swing armnya..
Tanya: bro mau nanya neh, vixion saya tiba mati waktu dijalan baru menit, di starter bisa nyala lagi tapi kehilangan power lagi/mati..begitu terus bro, di bengkel katanya kiproknya rusak, diganti kiproknya sa juga di starter bisa di gas agak la…mati lagi, tapi kalau kiproknya di lepas gasnya lancar aja..kenapa ya bro..mohon pencerahannya…thanks
Jawab: dicek di kiproknya bro teganggannya berapa..dan pastikan itu kiprok ori vixion bukan bro..CMIIW
Tanya: bro mau nanya nih vixion ana kenapa ya bagian belakang’a ada yang brisik kra apa’a y bro
Jawab: bisa lebih spesifik berisiknya gimana bro? biasanya cuma rantainya yang kotor atau seret..
Tanya: bro, injektor vixion Q bocor, udh diganti, tpi tidak satu set, jadi bensin nya msih mrembes, di lem juga tidak mau. beli satu set kalau di daerah Q . ada solusinya bro?
Jawab: wah..agak susah bro untuk solusi yang lebih murah. coz agak berbahaya kalau ngotak ngatik pompa bensin,injector. salah sedikit bisa kebakaran on meledak bro..CMIIW
Tanya: tip koplin macet
Jawab: cek kabel koplingnnya bro..kalo putus langsung broti, or bisa disubtitusi tali bajanya aja..CMIIW
Sekian artikel tentang Masalah pada Motor Yamaha Vixion dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat.