Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Mati

Motor Plus Indonesia - Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Mati atau Soak - Sebenarnya aki kering motor bisa kita perbaiki sendiri. Menemukan trik memperbaiki aki kering yg telah mati pastinya dapat jadi keuntungan bagi costumer motor ataupun mobil di mana sekarang mayoritas sudah memakaiaccu tipe kering yg di sebut pula dgn MF Battery (Maintenance Gratis). Artinya, type aki seperti ini benar-benar bebas perawatan lantaran tak lagi memerlukan pengisian air accu ataupun zuur dengan cara wajib & berkala. diluar itu, peletakannya pula bebas mau diposisikan tegak ataupun miring tidak mau jadi masalah.

Kelebihan memanfaatkan aki MF ialah lebih bisa berkukuh & mempunyai performa yg amat tinggi dikarenakan menggunakan separator husus & grid yg tahan kepadakorosi. Dgn harga yg sedikit lebih mahal dari type aki basah, sebab itu bakal lebih baik kalau kita menggali ilmu kiat memperbaiki aki kering yg soak atau telah lemah biarmampu lebih berhemat. Diwaktu ini dapat dibilang nyaris semua peralatan elektronik sejak mulai dari lampu emergency sampai sitem elektrikal mobil ataupun motormenerapkan aki MF juga sebagai penyimpan & penyuplai tegangan DC nya.

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Mati atau Soak_
image source: blog.indometalgoth.com
baca juga: Cara Membuat Motor Menjadi Lebih Irit Dengan Mudah

Sebelum mengawali praktek trik memperbaiki aki kering yg tekor, agar apalagi dulu mempersiapkan sekian banyak bahan & media utk perlengkapannya.

  • Air aki (zuur). Pastikan kamu membeli bersama benar adalah air yg rata-rata diperlukan utk isikan aki baru, bukan air penambah cairan aki.
  • Obeng (-) atau pencukit yg mengijinkan utk dimanfaatkan yang merupakan pembuka cover sektor atas aki kering.
  • Suntikan tinta printer atau jarum suntik buat memasukkan air zuur kedalam box aki.
  • Siapkan kain lap utk berjaga jaga seandainya ada cairan yg menetes atau tumpah.


Berikutnya Cara Memperbaiki Aki Kering

  1. Mula-mula, siapkan aki kering yg bakal diperbaiki & usahakan dibersihkan apalagi dulu dari kotoran debu yg menempel terhadap bodi aki memanfaatkan air hangat supayakotoran dapat dgn enteng terlepas.
  2. Buka penutup atas dgn obeng minus dengan cara paksa tetapi mesti hati hati jangan ada bidang yg robek atau pecah. Umumnya tutup merekat dgn kuatsebab dari pabrik telah di lem buat mencegah kebocoran.
  3. Sesudah terbuka, dapat kamu dapatkan tutup mungil dari karet bulat kebanyakan terdapat 3 buah tutup utk aki ukuran mungil & sanggup lebih tidak sedikit buat ukuran aki dgn ampere yg akbar.
  4. Siapkan air zuur kedalam suntikan & kamu sanggup sejak mulai memasukkan cairan zuur terhadap tiap-tiap lubang yg ada dengan cara hati hati dgn ukuran maksimal 1centi meter di bawah lubang janganlah terlau penuh.
  5. Tutup kembali lubang & pastikan sudah terturup bersama rapat janganlah ada indikasi kebocoran atau merembas.
  6. Posisikan penutup body terhadap kedudukan semula hingga kelihatan rapi & rapat. Apabila lantaran proses mengakses yg tadinya dengan cara paksa sudah memunculkankelonggaran, kamu sanggup memberinya lem plastic (lem tembak) utk mempermudah melekatkannya dengan cara sempurna.
  7. Aki kering telah siap utk dilakukan CHARGER buat pengisian tegangan bersama kiat menghubungkan terhadap motor atau mobil yg telah mampu menyala (JUMPER) supayaaki yg baru diperbaiki ini memperoleh tengangan inject awal sbg starter. Ada pilihan lain adalah bersama lakukan pengecasan memakai trafo cas (Charger Transformator)utk pengisian awal yg lebih segera.
  8. Kamu sanggup laksanakan pengecekan apakah aki telah mempunyai muatan tegangan, seandainya telah, kamu mampu cepat memasang kembali kepada mobil ataupunmotor yg di kehendaki seterusnya jalankan starter utk menyalakan mesin. Jikalau mesin sudah sukses di nyalakan, biar dibiarkan kepada posisi stationer (putaran langsam) sampai minimal 15 menit buat menyesuaikan tegangan isikan aki bersama stabil.


Sampai kepada step terakhir tersebut, artinya kamu sudah sukses melaksanakan trik memperbaiki aki kering yg soak buat sepeda motor atau mobil dgn gampang & sesuai.

Sekedar tata cara kalau kamu membeli aki kering supaya memperhatikan & mendalami kode angka yg terdapat kepada sektor atas bodi aki. Kode tersebut yaitu catatan awal pengecasan aki yg diberikan oleh pabrik. Contohnya 15.9.11 berarti aki tersebut sudah di cas mula-mula kali oleh pabrik terhadap tanggal 15 bln 9 th 2011. Menjadidgn begitu kamu sanggup mengetahui bahwa telah berapa lama umur aki yg bakal kamu beli. Menjadi umpamanya kamu membeli aki dgn kode yg sudah melintasi umur 4bln sejak awal pengisian, pastikan kamu laksanakan pengecasan lebih-lebih dulu sebelum kamu pakai, biar tegangan sanggup terisi penuh dengan cara maksimal. Mudah-mudahan berguna.

List Harga Aki Kering

  • GS PREMIUM GTZ5S - Rupiah 150.000,-
  • YUASA YT7-C (YB5L-B) - 12 V, 6 Ah - Rupiah 170.000,-
  • YUASA YTZ5-S - 12 V, 3.5 Ah - Rupiah 205.000,-
  • G-FORCE GTZ7-S / YTZ7-S - 12 V, 5,5 Ah - Rupiah 225.000,-
  • G-FORCE GM7A-4B / YTX7A-BS - 12 V, 6 Ah - Rupiah 235.000,-
  • YUASA YTZ6-V - 12 V, 5 Ah - Rupiah 245.000,-
  • G-FORCE GM9-4B / YTX9-BS - 12 V, 8 Ah - Rupiah 290.000,-
  • G-FORCE GM12-BS / YTX12-BS - 12 V, 10 Ah - Rupiah 375.000,-
  • G-FORCE GM14-BS / YTX14-BS - 12 V, 12 Ah - Rupiah 420.000,-
  • YUASA YTX7L-BS - 12 V, 6 Ah - Rupiah 440.000,-


Utk info list harga aki yg lebih kumplit klik disini.

Motor Plus Indonesia - Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Mati

Penyebab Kerusakan Aki Kering

Baik aki kering ataupun aki basah sebenarnya masih memerlukan perawatan. Dimaksudkan disini merupakan perawatan aki dalam musim penggunaan pun trickmemperlakukannya utk meraih umur gunakan yg lebih lama atau awet. Umpamanya buat motor ataupun mobil, bila dalam saat yg lama mesin jarang sekali dinyalakan, inidapat juga menyebabkan aki segera drop lantaran suply pengisian kurang maksimal. Utk menjaga supaya aki lebih awet, biarpun ga ada aktifitas berkendara, sebaiknyamasih diberikan pemanasan mesin setidaknya 2 hri sekali kurang lebih 15 menit.

Menjaga kebersihan aki pun bakal memberikan manfaat yg baik buat umur gunakan. Dgn rajin membersihkan body juga SEL aki, dapat menghindarkan dari penumpukan material (kerak) yg bisa jadi pun bakal bakal menyebabkan pertalian arus pendek maka aki enteng soak & lekas mati.

Senantiasa periksa keadaan sekering (fuse) yang merupakan pengaman kelistrikan mobil & motor. Sekering ini teramat mutlak lantaran dapat memberikan keamanan utkaki kalau berlangsung konsleting terhadap rangkaian elektronik mesin serta lampu lampu kendaraan kamu.

tags: cara memperbaiki aki kering yang mati, cara memperbaiki aki kering gs, cara memperbaiki aki kering yang soak, cara merawat aki kering motor, cara memperbaiki aki kering ups, cara memperbaiki aki kering mobil, cara memperbaiki aki basah, cara memperbaiki aki kering yuasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel