Tips Cara Mengatasi Motor Yang Mogok Karena Banjir
Kamis, 17 Maret 2016
Tips Cara Mengatasi Motor Yang Mogok Karena Banjir - Motor yg mogok sesudah menerjang banjir bikin frustasi. Lebih-lebih seandainya bengkel jauh dari tempat kejadian peristiwa mogok.
Telah pakaian basah, motor berhenti, tetap mesti dorong itu motor. Belum lagi apabila dapetnya bengkel enggak resmi yg senang main-main getok harga ngelihat konsumennya enggak punyai pilihan tidak hanya servis motor di bengkel itu. Komplet deh apesnya.
Yang Merupakan pemilik sepeda motor, wajib hukumnya utk mengetahui seluk-beluk kendaraan roda dua itu. Paling tak kita tahu sedikitlah supaya tak kerepotan dikalaberlangsung faktor yg enggak diduga, seperti motor mogok kena banjir.
Berikut ini langkah simpel untuk mengatasi motor yg berhenti sehabis menerjang banjir :
1. Cek Busi
Disaat motor mogok, serta-merta cari ruangan yg teduh buat memeriksanya seandainya hujan masihlah turun. Serta-merta teliti busi sebab umumnya busi menjadibasah sesudah motor menghajar genangan. Jikalau busi basah, system pengapian tidak sanggup berfungsi maka motor enggak ingin nyala.
Untuk pemilik motor kategori matic akan lebih repot dikarenakan letak busi tersembunyi di balik bodi. Busi kepada motor bebek & sport lebih mudah dijangkau.
Sesudah mencopot busi, lap sampai kering & pakai sikat apabila ada. Lubang busi pula butuh dilap biar kering. Tidak Hanya itu, pancal starter engkol terhadap motor dalam posisi off biar ada dorongan hawa dari dalam mesin ke lubang besi.
Kalau semuanya telah kering, pasang lagi busi itu. Hati-hati diwaktu memasang busi biar drat hunian busi tak rusak. Tetapi, sebelum menghidupkan motor kembali, lanjutdahulu ke petunjuk ke-2.
2. Kuras Air di Knalpot
Bila udah teliti knalpot, lanjut ke pengecekan knalpot. Knalpot yg terendam air enggak mampu membuang gas sisa pembakaran mesin.
Caranya, berdirikan motor dgn standar tengah. Jikalau sanggup, ganjal bidang bawah standar itu bersama batu atau kayu. Dulu tekan sadel sektor belakang maka posisi motor seperti njomplang.
Dalam posisi njomplang, pancal lagi starter motor dgn posisi kunci off. Seandainya telah percaya air ke luar seluruh, ambil oli sedikit buat diteteskan ke knalpot supayaenggak karatan.
3. Cek Karburator
Telah pakaian basah, motor berhenti, tetap mesti dorong itu motor. Belum lagi apabila dapetnya bengkel enggak resmi yg senang main-main getok harga ngelihat konsumennya enggak punyai pilihan tidak hanya servis motor di bengkel itu. Komplet deh apesnya.
Yang Merupakan pemilik sepeda motor, wajib hukumnya utk mengetahui seluk-beluk kendaraan roda dua itu. Paling tak kita tahu sedikitlah supaya tak kerepotan dikalaberlangsung faktor yg enggak diduga, seperti motor mogok kena banjir.
baca juga: Penyebab & Cara Mengatasi Motor Susah Hidup di Pagi Hari
1. Cek Busi
Cek busi paling mudah, kecuali mungkin saja untuk motor matik |
Untuk pemilik motor kategori matic akan lebih repot dikarenakan letak busi tersembunyi di balik bodi. Busi kepada motor bebek & sport lebih mudah dijangkau.
Sesudah mencopot busi, lap sampai kering & pakai sikat apabila ada. Lubang busi pula butuh dilap biar kering. Tidak Hanya itu, pancal starter engkol terhadap motor dalam posisi off biar ada dorongan hawa dari dalam mesin ke lubang besi.
Kalau semuanya telah kering, pasang lagi busi itu. Hati-hati diwaktu memasang busi biar drat hunian busi tak rusak. Tetapi, sebelum menghidupkan motor kembali, lanjutdahulu ke petunjuk ke-2.
2. Kuras Air di Knalpot
knalpot dicek, keluarin air yg masuk |
Caranya, berdirikan motor dgn standar tengah. Jikalau sanggup, ganjal bidang bawah standar itu bersama batu atau kayu. Dulu tekan sadel sektor belakang maka posisi motor seperti njomplang.
Dalam posisi njomplang, pancal lagi starter motor dgn posisi kunci off. Seandainya telah percaya air ke luar seluruh, ambil oli sedikit buat diteteskan ke knalpot supayaenggak karatan.
3. Cek Karburator
Hayooo, para bikers tahu kan letak karburator masing-masing motornya di mana?
Berlanjut ke panduan ke3, janganlah buru-buru menghidupkan motor lalu. Sesudah selesai mengeringkan busi & knalpot, teliti bidang karburator.
Jika motormu matic atau menggunakan system injeksi, skip aja petunjuk ini & serentak ke tata cara keempat. Karena, motor matic & injeksi tak memanfaatkankarburator.
Tanda karburator bermasalah yaitu jalan motor seperti tersendat. Nama populernya mbrebet. Seandainya motor mbrebet, mungkin ada air yg nyangkut di saluran bahan bakar.
Meski judulnya teliti karburator, kita enggak butuh membongkar karburator itu. Pass buang air dari karburator & saluran bahan bakar.
Caranya, tutup keran selang bahan bakar yg menghubungkan tangki bersama karburator. Dulu putar baut pembuangan di karburator melawan arah jarum jam hinggamentok. Bersama demikian, bahan bakar bakal ke luar.
Bahan bakar yg ke luar ini udah bercampur air. Menjadi enggak sanggup dimakan motor. Sesudah seluruhnya cairan ke luar, putar lagi keran saluran itu ke arah sebaliknya.
4. Panaskan Motor
Berlanjut ke panduan ke3, janganlah buru-buru menghidupkan motor lalu. Sesudah selesai mengeringkan busi & knalpot, teliti bidang karburator.
Jika motormu matic atau menggunakan system injeksi, skip aja petunjuk ini & serentak ke tata cara keempat. Karena, motor matic & injeksi tak memanfaatkankarburator.
Tanda karburator bermasalah yaitu jalan motor seperti tersendat. Nama populernya mbrebet. Seandainya motor mbrebet, mungkin ada air yg nyangkut di saluran bahan bakar.
Meski judulnya teliti karburator, kita enggak butuh membongkar karburator itu. Pass buang air dari karburator & saluran bahan bakar.
Caranya, tutup keran selang bahan bakar yg menghubungkan tangki bersama karburator. Dulu putar baut pembuangan di karburator melawan arah jarum jam hinggamentok. Bersama demikian, bahan bakar bakal ke luar.
Bahan bakar yg ke luar ini udah bercampur air. Menjadi enggak sanggup dimakan motor. Sesudah seluruhnya cairan ke luar, putar lagi keran saluran itu ke arah sebaliknya.
4. Panaskan Motor
Saat Ini waktunya menghidupkan motor. Namun jangan sampai gunakan electric starter, ya. Konsisten gunakan kick starter atau memancal tuas starter dgn kaki.
Sebelum memposisikan kunci dalam kondisi on, pancal starter 5-6 kali. selanjutnya, putar kunci ke posisi on & pancal lagi.
Mungkin Saja awalnya motor enggak ingin nyala. Tetapi jangan sampai mogok, konsisten pancal hingga mesin hidup. Sesudah menyala, biarkan 3-5 menit supaya mesin panas & siap digeber lagi.
Tips Cara Mengatasi Motor Yang Mogok Karena Banjir
Sebelum memposisikan kunci dalam kondisi on, pancal starter 5-6 kali. selanjutnya, putar kunci ke posisi on & pancal lagi.
Mungkin Saja awalnya motor enggak ingin nyala. Tetapi jangan sampai mogok, konsisten pancal hingga mesin hidup. Sesudah menyala, biarkan 3-5 menit supaya mesin panas & siap digeber lagi.
Tips Cara Mengatasi Motor Yang Mogok Karena Banjir
tags: cara memperbaiki kulkas terendam banjir, tips motor terendam banjir, motor injeksi terendam banjir, efek motor matic terendam banjir, cara mengatasi mobil terendam banjir, kabah terendam banjir, motor injeksi kena banjir, cara mengatasi motor injeksi mogok karena banjir
Tutorial di atas berlaku utk motor yg enggak hingga terendam banjir sampai kelelep. Seandainya hingga kelelep, mending dipindah ke bengkel dikarenakan pengecekanakan lebih ribet. Di antaranya menguras oli & tangki bahan bakar pun membilas mesin bersama solar.
Harap diingat bahwa asuransi yg menyertai pembelian motor dengan cara credit kebanyakan enggak menanggung penggantian budget kerusakan akibat banjir alias water hammer. Kalau motor hingga turun mesin, kita sendiri yg menanggung kerugian.
Sebab itu, mending urungkan niat nerjang banjir yg tinggi. Jika ketinggian air tetap 20-an sentimeter sih tetap oke. Namun bila udah diatas itu, bahaya!
Tutorial di atas berlaku utk motor yg enggak hingga terendam banjir sampai kelelep. Seandainya hingga kelelep, mending dipindah ke bengkel dikarenakan pengecekanakan lebih ribet. Di antaranya menguras oli & tangki bahan bakar pun membilas mesin bersama solar.
Harap diingat bahwa asuransi yg menyertai pembelian motor dengan cara credit kebanyakan enggak menanggung penggantian budget kerusakan akibat banjir alias water hammer. Kalau motor hingga turun mesin, kita sendiri yg menanggung kerugian.
Sebab itu, mending urungkan niat nerjang banjir yg tinggi. Jika ketinggian air tetap 20-an sentimeter sih tetap oke. Namun bila udah diatas itu, bahaya!